DEBAT CALON GUBERNUR 2010-2015

Debat calon Gubernur Sumatera Barat 2010-2015 yang berlangsung di Audiotorium RRI Padang, semalam berjalan alot.

Masing-masing calon menyampaikan visi dan misinya sesuai dengan segmen yang diunggulkan.

Debat yang diselenggarakan oleh KPU Sumbar mengundang 5 calon gubernur yang akan maju nantinya pada pemilu kada 30 Juni, namun hanya satu yang berhalangan hadir, yakni calon nomor urut 1, EDIWARMAN.

Namun hal itu tidak mempengaruhi perdebatan sengit antar calon, karena masing-masing calon fokus dengan terobosan dan program jitu yang akan diusung nantinya.

Secara umum, visi dan misi yang disampaikan 4 calon tersebut tidak terlepas dari permasalahan ekonomi dan struktur sosial budaya masyarakat Sumbar saat ini.

Sebagaimana disampaikan calon nomor urut 2, Marlis Rahman yang mengapungkan permasalahan ekonomi masyarakat pasca gempa dan penyelesaiannya melalui penataan birokrasi seefisien mungkin guna merangsang pembangunan secara merata di berbagai daerah, tanpa terkecuali daerah perbatasan.

Sementara itu, anggota DPR-RI dari pasangan calon nomor urut 3, IRWAN PRAYITNO fokus dengan penataan infrastruktur dan pengoptimalan lahan guna mengatasi persoalan ekonomi masyarakat ke depannya.

Tidak jauh beda dengan penyampaian visi dan misi calon nomor urut 4, ENDANG IRZAL yang dalam hal ini mengangkat tema ekonomi kerakyatan sebagai upaya dalam memulihkan kembali ekonomi Sumatera Barat.

Pemerintah tidak semata harus bersandar pada kemampuan APBN yang terbatas, birokrasi katanya harus mampu menjalankan fungsinya sebagai fasilitator dan tidak boleh terlibat dalam bisnis.

Beda dengan calon nomor 5, FAUZI BAHAR yang dalam penyampaian visi dan misinya lebih menitikberat pada persoalan akhlak.

Perihal perdebatan 4 calon tersebut, Ketua Panwaslu Sumatera Barat, ALDRI FRINALDI menyarankan ke depan panitia penyelenggara kegiatan perlu mempersiapkan kematangan acara sehingga kegiatan berjalan sesuai aturan tanpa ada pihak yang merasa dirugikan.

Masing-masing calon berhak atas perlakukan yang sama dan prosesnya tidak mengarah pada kepentingan salah satu calon.

Mengenai pelanggaran seputar pilkada, diakuinya masih ditemukan pada beberapa daerah terkait keterlibatan penyelenggara dan persoalan daftar pemilih.

Ia berharap, persoalan tersebut segera diselesaikan untuk suksesnya pemilu mendatang.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 19 Juni 2010

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Juni 19, 2010, in Berita, Berita Daerah Pagi, Pilkada Sumbar 2010 and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: