DISHUB SUMBAR INGATKAN KELAYAKAN PENERBANGAN

Dinas Perhubungan-Dishub Sumatera Barat mengingatkan kepada pengelola Bandar Udara Internasional Minangkabau-BIM dan maskapai penerbangan untuk memastikan keselamatan penerbangan dengan memeriksa kondisi serta kelayakan armada maupun peralatan penerbangan.

Peringatan tersebut disampaikan Kasubdin Perhubungan Udara Dishub Sumatera Barat Herri Zulman menanggapi banyaknya kasus kecelakaan pesawat dan sejumlah kasus kegagalan penerbangan akhir-akhir ini.

Menurut Heri Zulman, banyak ketentuan bagi maskapai penerbangan dan armadanya untuk bisa beroperasi.

Disamping, pemeriksaan dan pengawasan kelayakan armada pesawat yang dilakukan Ditjen Perhubungan Udara, pengaturan dan pengawasan para petugas juga dilakukan oleh masing – masing Bandara, sementara Dinas Perhubungan yang ada di daerah hanya sebagai regulator kebijakan dan ketentuan Ditjen Perhubungan Udara.

Menurut Herri Zulman, terdapat tiga factor yang bisa menyebabkan insiden kecelakaan maupun kegagalan penerbangan yakni kesalahan manusia, teknik, dan cuaca.

Dijelaskan, kesalahan manusia bisa disebabkan pilot, teknisi pesawat maupun petugas pengendali yang berada di darat, dan kesalahan teknik disebabkan oleh kerusakan perangkat teknik yang ada di pesawat, serta faktor cuaca yang sering dijadikan kambing hitam pada setiap kecelakaan penerbangan.

Kepada para pengguna transportasi udara juga dihimbau untuk disiplin terhadap aturan yang telah ditetapkan maskapai penerbangan sebelum melakukan penerbangan, baik aturan batasan membawa barang maupun jam keberangkatan.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 21 Agustus 2010

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Agustus 21, 2010, in Berita, Berita Daerah Pagi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: