IMLEK 2562 TANPA LAMPION

Kendati masih dalam suasana duka akibat bencana gempa tahun 2009 lalu, penyambutan perayaan imlek 2562 tetap dilaksanakan dengan melakukan sembahyang dan ritual-ritual lainnya yakni sembahyang tutup tahun atau sembahyang Bui Gie yang telah dimulai pada tanggal 19 Januari 2011 lalu atau bertepatan dengan penanggalan imleknya 16 bulan 12 tahun 2561.

Seminggu kemaren juga telah dilaksanakan ritual sembahyang pertama tahun baru imlek atau yang disebut dengan Toapekong Naik dan dilaksanakan tepat pada tengah malam di tempat peribadatan Tri Dharma See Hin Kiong Padang.

Sekretaris tempat ibadat Tri Dharma See Hin Kiong Padang INDRA BUDI DERMAWAN mengatakan dalam penyambutan perayaan imlek 2562 tahun sekarang tidak ada pemasangan lampu tenglong, namun ritual-ritual ke agamaan tetap dilaksanakan meskipun secara sederhana.

Dikatakan, sembahyang tutup tahun tersebut khusus di laksanakan oleh masyarakat Tionghoa dengan tujuan untuk menghormati dan memuliakan leluhur sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari ungkapan rasa bhakti anak kepada orang tuanya.

Lebih lanjut INDRA BUDI DERMAWAN menjelaskan, upacara persembahyang detik-detik sin cia dilaksanakan pada tengah malam nanti tanggal 1 bulan 1 imlek di tempat peribadatan Tri Dharma See Hin Kiong Padang dengan tujuan utama penyampaian ucapan terima kasih kepada Tuhan YME atas segala berkah yang telah diterima sepanjang tahun yang lalu.

Menurutnya, ritual-ritual yang dilakukan dalam penyambutan tahun baru imlek bagi masyarakat Tionghoa di Kota Padang, pada umumnya masih sama dengan tahun tahun sebelumnya.

Dikatakan INDRA BUDI DERMAWAN, akhir dari seluruh rangkaian kegiatan perayaan tahun baru Imlek 2562 tersebut, di tutup dengan ritual cap go me pada hari 15 bulan 1 imlek.

Sumber : Warta Berita Daerah Sore pukul 17.00 tanggal 2 Februari 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Februari 2, 2011, in Agama, Berita, Berita Daerah Sore, Sosial Masyarakat. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: