HASIL HUTAN KEPULAUAN MENTAWAI

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai YUDAS SABAGALAT mengatakan, Kabupaten Kepualauan Mentawai kususnya daerah Pulau Siberut mempunyai kawasan hutan yang sangat luas.

Selain kayu, hutan di kepualauan mentawai juga terdapat Rotan dan manau.

Masyarakat disekitar Kawasan hutan hanya bisa mengambil rotan dan manau itu dan kemudian dijual kepada pedagang pengumpul untuk dibawa daerah pinggir.

Namun Hasil hutan dan Manau yang mempunyai nilai jual cukup menjanjikan itu belum mampu diolah oleh Masyaakat Mentawai seperti dijadikan Kursi tamu, meja tempat tidur dan lainya sebagainya.

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai YUDAS SABAGALAT menyampaikan hal itu ketika meresmikan pelatihan keterampilan rotan yang berlangsung didaerah Pitameh Kecamatan Lubuk Begalung.

Pelatihan yang berlangsung sampai tanggal 17 Maret 2011 itu diikuti 20 peserta yang berasal dari dusun Simatalu Kecamatan Siberut Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Menurut YUDAS SABAGALAT, jika hasil rotan dan Manau itu diolah warga dikepulauan Mentawai, akan dapat meningkatkan pendapatan Masyarakat mereka, apalagi rotan di daerah Simatalu Kecamatan Siberut adalah rotan berkualitas bagus.

Oleh karena itu Wakil Bupati Kepulauan Mentawai YUDAS SABAGALAT menyarakan, olahan hasil rotan dan manau tersebut dikemas dengan baik, bila perlu hasil diberi merek Simatalu yang menandakan hasil Produk Simatalu Kecamatan Siberut Barat Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 7 Maret 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Maret 7, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Kehutanan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: