SEMINAR DAN WORKSHOP MEWUJUDKAN KAMPUS SIAGA

Sekitar 145 orang Mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta OSIS Siaga tadi pagi mengukuti seminar dan workshop mewujudkan kampus siaga Se Sumatera Barat di auditorium Fakultas Ilmu Sosial UNP.

Kegiatan tersebut menampilkan nara sumber dari Mercy Corp Indonesia dan Tim Kampanye Siaga Jurusan Geografi Universitas Negeri Padang.

Ketua Tim Kampanye Siaga Bencana, Jurusan Geografi, FIS, UNP Dr. PAUS ISKARNI, M. PD mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan kesiapsiagaan terhadap segala potensi bencana terutama bagi masyarakat Kampus di Kota Padang.

Seperti Kampus yang berada di zona merah seperti UNP, UBH dll. Diharapkan PAUS ISKARNI, dengan adanya kesiapsiagaan tersebut peserta bisa meminimalisasi dampak dan korban jika memang suatu saat bencana itu terjadi di Kota Padang.

Sementara itu Koordinator Lapangan Tim Kampanye Siaga Bencana Jurusan Gepgrafi FIS UNP NOFRION SIKUMBANG, S.Pd mengatakan bencana tidak bisa diprediksi dengan akurat maka hidup siaga harus dimulai dari sekarang dengan pola Dini, Diri dan Sederhana -D2S.

Dikatakan NOFRION SIKUMBANG, Dini artinya dimulai dari sejak saat ini untuk semua umur. Diri artinya dimulai dari diri sendiri, jangan sampai saat bencana kita panik dan menjadi beban bagi orang lain. pada prinsipnya saat bencana terjadi yang mutlak dan pertama dilakukan adalah menyelamatkan diri sendiri baru orang lain.

Sederhana artinya bahwa siaga bencana bisa dilakukan dengan cara yang sederhana seperti: cara parkir kendaraan, jumlah pintu dalam suatu kelas, posisi duduk dan aksesibilitas keluar serta titik-titik evakuasi baik horizontal maupun vertikal.

WAWAN BUDIANTO dari Mercy Corp Indonesia menjelaskan, kapan dan dimanapun berada kita wajib siaga bencana.

Pendidikan kebencanaan sangat diperlukan oleh semua orang terutama mereka yang termasuk kelompok rentan seperti anak-anak, orang tua sakit dan wanita hamil.

Sumber : Warta Berita Kota pukul 14.00 tanggal 13 Maret 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Maret 13, 2011, in Berita, Berita Kota, Mitigasi Bencana. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: