NELAYAN KURANG SOSIALISASI KESELAMATAN PELAYARAN

Minimnya pengetahuan nelayan tentang aturan pelayaran dalam melaut mengakibatkan mereka menjadi bulan-bulanan oknum aparat.

Sebagian tudingan penyebab kejadian tersebut dialamatkan kepada Syahbandar yang mengeluarkan izin berlayar, dan sebagian kepada Dinas Perhubungan Laut.

Berdasarkan peraturan dan ketentuan keselamatan pelayaran yang berlaku, sebagian besar nelayan Sumatera Barat sebenarnya tidak layak diizinkan untuk berlayar.

Demikian dikatakan Syahbandar Bungus Teluk Bayur Padang Adi kepada RRI Padang, menyusul tidak sedikit nelayan Sumatera Barat yang dirugikan dan menjadi bulan – bulanan oleh oknum dari pihak tertentu, karena minimnya pengetahuan para nelayan tentang pelayaran.

Menurut Adi, pihak terkait seperti, Dinas Kelautan Perikanan dan Dinas Perhubungan dalam hal ini Perhubungan Laut seharusnya sering melakukan sosialisasi kepada para nelayan tentang berbagai pengetahuan dan seluk – beluk pelayaran termasuk ketentuan keselamatan nelayan ketika berlayar, karena rata – rata para nelayan di daerah ini merupakan orang awam dan cenderung tidak pernah mengecap pendidikan.

Sementara kondisi yang terjadi selama ini, kata Adi sejumlah pihak terkait tersebut, jarang memberikan pengetahuan tentang pelayaran kepada para nelayan, sehingga tidak jarang para nelayan tersebut, menemui berbagai kendala pada saat melakukan pelayaran, termasuk yang mengancam keselamatan mereka ketika berada di laut.

Disamping itu, menurut Adi para nelayan juga disulitkan dengan tindakan dari oknum tertentu yang sengaja memanfaatkan kondisi para nelayan yang minim pengetahuan tentang pelayaran dan kelautan tersebut.

Meskipun demikian, kata Adi, syahbandar sebagai pihak yang mengeluarkan izin pelayaran, tidak bisa berbuat banyak, karena mau tidak mau pihaknya terpaksa mengeluarkan surat izin pelayaran bagi para nelayan yang telah memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 8 April 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on April 8, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Kelautan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: