DPRD AKAN MEMANGGIL BANK NAGARI

Komisi II DPRD Propinsi Sumatera barat akan memanggil dan melakukan dengar pendapat dengan pimpinan Direksi Bank Nagari se-Sumatera Barat mulai dari Kantor Pusat maupun Kantor Cabang di Kabupaten Kota.

Hal tersebut dilakukan sehubungan belum adanya program pengucuran dana kredit untuk petani oleh Bank Nagari, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para petani didaerah ini padahal kucuran dana pemerintah Propinsi Sumatera Barat untuk Bank Nagari cukup besar.

Menurut Ketua Komisi II DPRD Propinsi Sumatera Barat, MARLIS, di dalam pertemuan nanti pihaknya akan mempertanyakan sejauh mana Bank Nagari memberikan kredit yang dialokasikan untuk sektor pertanian.

Hal tersebut dipertanyakan karena sewaktu melakukan kunjungan kerja beberapa waktu yang lalu ke daerah, Bank Nagari Simpang Empat Pasaman Barat, ternyata kucuran kredit Bank Nagari untuk sektor pertanian seluruhnya hanya 3,9 persen.

Dengan demikian, kredit produktif atau kredit komersil yang dikucurkan Bank Nagari hanya sekitar 15 persen, sementara kredit konsumtif sebesar 85 persen.

Untuk itu, diharapkan kepada Kepala Cabang Bank Nagari dan Wakil Kepala devisi kredit Bank Nagari agar lebih memberdayakan petani melalui dukungan kredit.

Lebih jauh, Marlis mengatakan, Pemerintah Propinsi Sumatera Barat masih memprioritaskan saham untuk Bank Nagari yaitu sebesar 35 persen dari anggaran APBD Propinsi Sumatera Barat, sementara pada tahun 2011 ini pemerintah Propinsi menambahkan saham untuk Bank Nagari sebesar 25 Milyar, sementara pada tahun sebelumnya juga sebesar 20 milyar Rupiah.

Dengan demikian sampai sekarang Pemerintah propinsi Sumatera Barat telah menyalurkan kucuran dana sebesar 50 Milyar rupiah untuk Bank Nagari.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 26 April 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on April 26, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Ekonomi, Perbankan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: