HAKIM TINDAK PIDANA KORUPSI DILANTIK

Sepuluh orang hakim tindak pidana korupsi – Tipikor yang ditetapkan di Pengadilan Negeri Padang, dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Ketua Pengadilan Negeri Padang, HERRY SASONGKO di Pengadilan setempat jalan Khatib Sulaiman, kemarin.

Hakim yang dilantik tersebut berjumlah 4 orang hakim AD HOC Tipikor yang telah ditetapkan berdasarkan Undang-Undang nomor 46 tahun 2009 tentang pembentukan Pengadilan Tipikor dan ditambah dengan 6 orang hakim karier yang telah memiliki sertifikat hakim Tipikor.

HERRY SASONGKO menjelaskan, para hakim Tipikor yang dilantik tersebut mulai beroperasi dan menyidang perkara korupsi yang masuk dari wilayah hukum Sumatera Barat setelah diresmikan semenjak tanggal 28 April lalu oleh Ketua Mahkamah Agung RI.

Lebih lanjut HERRY SASONGKO mengatakan, hakim Tipikor yang akan menyelesaikan perkara khusus korupsi yang masuk dari 15 Pengadilan Negeri yang ada di Sumatera Barat ke Pengadilan Negeri Padang nantinya dibagi dalam 3 majelis.

Bagi perkara korupsi berat atau besarnya kerugian Negara dibawah 50 milyar rupiah, jumlah majelis hakimnya berjumlah 3 orang, sedangkan perkara diatas 50 milyar rupiah majelis hakimnya 5 orang.

Hakim AD HOC pengadilan tipikor yang dilantik tersebut yakni PERRY DESMARERA, EMRIA FITRIANI. MUHAMMAD TAKDIR dan ZHALEKA, sedangkan 6 orang hakim karier pengadilan Tipokor yaitu HARRY SASONGKO dan ASMUDIN langsung sebagai Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Tipikor, JON EFFREDDI, SAPTA DIHARJA, KAMIJON masing-masing dari PN Padang dan IMAM SYAFEI, Ketua PN Painan.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 3 Mei 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Mei 3, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Penegakan Hukum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: