PTPN IV INVESTASI DI TELUK TAPANG

Kehadiran pelabuhan Teluk Tapang Kabupaten Pasaman Barat mendapat tanggap positif dari para pelaku usaha dan investor, hal itu terbukti dari penyataan pimpinan PTPN EMPAT, Amir Sarifuddin yang ingin menanamkan modalnya pada pelabuhan tersebut sebesar 400 milyar rupiah.

Perusahaan tersebut akan membangun tanki timbun (liquid cargo), dry cargo dan kawasan industri serta membangun perkebunan di Air Bangis bekerja sama dengan ninik mamak Nagari Air Bangis.

Hal tersebut disampaikan rombongan unsur pimpinan PTPN IV, saat temu ramah dengan Bupati Pasaman Barat, Baharuddin R di ruang kerja bupati baru-baru ini.

Menurut Amir Sarifuddin, investasi yang akan ditanamkan pada pelabuhan tersebut meliputi pembangunan fasilitas pendukung berupa tanki timbun di lokasi pelabuhan.

Selain itu perusahan milik Negara tersebut juga berkomitmen untuk menggunakan pelabuhan Teluk Tapang sebagai sentra bisnis dan arus transportasi perusahaan tersebut untuk ekspor dan impor barang nantinya.

Disamping itu,Amir Sarifuddin juga mengatakan rencana investasi dari PTPN IV tersebut juga berupa pembangunan kawasan industri berupa pabrik-pabrik dan penunjang lainnya. Sehingga, produk yang dihasilkan bukan saja CPO lagi, tetapi juga sudah produk jadi yang bahan dasarnya minyak sawit.

Sementara itu Bupati Pasbar, Baharuddin R mengatakan, pembangunan Pelabuhan Teluk tapang selain dimaksudkan sebagai sentra bisnis Pasaman Barat,juga memiliki pertimbangan lain yakni terjadinya pengurangan biaya transportasi angkutan CPO sebesar Rp.900.000,-/ton menjadi Rp.460,-/ton/km akibat pengurangan jarak tempuh Pasaman Barat ke Teluk Bayur menjadi ke Teluk tapang yakni sepanjang rata-rata 140 km.

Bupati juga mengatakan, pertimbangan Teluk Tapang yang dijadikan sebagai lokasi pelabuhan adalah, perairan Teluk Tapang merupakan perairan yang tenang, terlindungi oleh pulau dari arah yang tenang, terlindungi oleh pulau dari arah laut atau Samudera Hindia dan terlindung bukit dari arah daratan sehingga kapal-kapal yang masuk, keluar dapat bersandar dengan aman.

Sumber : Warta Berita Daerah Sore pukul 17.00 tanggal 14 Mei 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Mei 14, 2011, in Berita, Berita Daerah Sore, Pembangunan Daerah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: