RUMAH MLADIC JADI TEMPAT KUNJUNGAN WISATA

Ribuan penggemar tersangka pelaku kejahatan perang Ratko Mladic, Minggu (29/5), membanjiri rumah kelahiran Mladic di sebuah desa terpencil di Bosnia menjadikan rumah reot tersebut sebagai tempat wisata.

Sekitar 3 ribu pendukung Mladic datang dengan menumpang bus dari berbagai wilayah Bosnia ke Kota Kalinovic untuk memprotes penangkapan Mladic. Mayoritas dari mereka kemudian bergerak menuju gubuk tempat Mladic dilahirkan di Desa Bozanici. Bibi dan sepupu Mladic menemui mereka dan bercerita tentang masa kecil komandan perang yang dituduh melakukan genosida tersebut.

“Sejak kecil, Ratko sudah berperilaku seperti orang dewasa. Dia anak yang sangat pintar,” ujar Slavojka Mladic kepada para pengunjung rumahnya.

Slavojka Mladic kemudian menegaskan bahwa keponakannya itu hanyalah seorang pemimpin yang melindungi tanah airnya bukan seorang pembunuh seperti yang dituduhkan saat ini.

Mladic divonis oleh pengadilan penjahat perang PBB pada 1995 melakukan genosida atas pembunuhan 8 ribu muslim di Srebrenica, pembantaian terparah dalam sejarah Eropa sejak masa Nazi.

Hal itu dibantah para pendukung Mladic yang menganggap pria tersebut sebagai pembela Serbia dalam perang Bosnia antara 1992-1995.

Mereka kemudian menuntut agar Kota Kalinovic diubah namanya menjadi Mladicevo dan rumah di Bozanici tempat Mladic pernah tinggal diubah menjadi museum.

(SUMBER : mediaindonesia.com)

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Mei 30, 2011, in Berita, Internasional. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: