PEMBANGUNAN ISTANO BASA PAGARUYUNG TAHUN INI SELESAI

Pelaksanaan perbaikan Istano Basa Pagaruyung yang terbakar pada tahun 2009 yang lalu, dipastikan dapat selesai pada bulan Oktober mendatang.

Hingga kini, pengerjaan rehab Istano Baso Pagaruyung telah terselesaikan kurang lebih 93 persen.

Permasalahan dana dan ketersediaan bahan baku kayu surian dan meranti yang sempat menghambat pengerjaan rehab Istano Pagaruyung dimaksud kini telah dapat diselesaikan, melalui bantuan dana dari pemerintah provinsi maupun perorangan.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar, ALFIAN JAMRA,M.SI mengatakan, kayu jenis surian dan meranti tersebut telah disediakan secara berangsur, melalui hutan rakyat yang ada di Kota Payakumbuh, Kabupaten Sijunjung dan Tanah Datar.

Sedangkan untuk permasalahan dana kata, ALFIAN JAMRA telah mendapat hibah dari pemerintah provinsi Sumatera Barat sebesar 3 koma 5 miliyar rupiah.

Jika tidak ada kendala lainya, pembangunan kembali Istano Basa Pagaruyung dapat di selesaikan dan di resmikan dalam tahun ini.

Sementara itu, pelaksanaan renovasi Istano Salinduang Bulan yang juga terbakar pada tahun 2009 lalu, di perkirakan selesai pada tahun 2012, karena masih terkendala masalah dana.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar ALFIAN JAMRA,M.SI mengatakan, untuk menyelesaikan kendala dimaksud, pihaknya sudah mencoba mengajukan anggaran melalui APBN, namun demikian hingga saat ini belum mendapatkan kepastian dari pemerintah pusat.

Dijelaskan, dana rehab untuk Istano Silindung Bulan, saat ini masih di biayai melalui APBD dan bantuan perorangan dengan jumlah yang masih minim.

Sumber : Warta Berita Daerah Sore pukul 17.00 tanggal 15 Juni 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Juni 15, 2011, in Berita, Berita Daerah Sore, Pariwisata, Seni dan Budaya. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: