JALAN ALTERNATIF MENUJU RIAU

Pemerintah Kabupaten Pasaman akan membuka jalur alternatif dari Provinsi Sumatera Barat menuju Provinsi Riau.

Jalur itu diperkirakan dapat menghemat jarak perjalanan ke Riau sejauh 150 kilometer, jika dibandingkan dengan jalur biasanya, yakni Bukittinggi-Limapuluh kota-Pekanbaru.

Jalur itu berada di perbatasan Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat dengan Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau, tepatnya di Jorong Rumbai, Nagari Muara Tais Kecamatan Mapat Tunggul.

Bupati Pasaman, Beny Utama mengatakan, dengan adanya jalur alternatif tersebut, dapat memperlancar akses pengiriman hasil perikanan dan pertanian yang dijual di kedua Provinsi, sehingga membantu masyarakat, terutama di Jorong Rumbai Nagari Muaro Tais yang termasuk Nagari terisolir di Kabupaten Pasaman dalam memajukan kesejahteraan hidup mereka.

Melalui jalur tersebut, para pengguna jalan juga bisa langsung memasuki Rokan Hulu untuk menuju Ujung Batu, serta dapat melanjutkan perjalanan menuju Pekanbaru dan Dumai, dengan jarak yang relatif pendek.

Jalan tersebut membentang dari Kecamatan Rao, Kabupaten Pasaman hingga perbatasan dengan Kabupaten Rokan Hulu sepanjang 40 Kilometer, yang kini tinggal 3 Kilometer yang belum diaspal, tetapi telah dalam proses pengerasan.

Sedangkan jalan yang jadi tanggungan Riau sepanjang 42 Kilometer, masih dalam pengerjaan, termasuk dua jembatan yang ada di provinsi dimaksud.

Jalur alternatif yang ditargetkan selesai tahun 2012 tersebut, menggunakan dana dari 3 APBD, yakni APBD Pemerintah Provinsi Riau, Provinsi Sumatera Barat dan APBD Kabupaten Pasaman.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 17 Juni 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Juni 17, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Transportasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: