POTENSI DHARMASRAYA

Besarnya potensi sektor pertambangan di Kabupaten Dharmasraya, menjadi salah satu faktor pendorong bagi Pemerintah setempat untuk mengupayakan pengembangan pertambangan rakyat.

Selain membuka pertambangan umum bagi pihak swasta yang ingin menginvestasikan dananya pada sektor pertambangan, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya juga berupaya membuka pertambangan rakyat yang bisa dimanfaatkan bagi masyarakat setempat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Bupati Dharmasraya, ADI GUNAWAN mengatakan, di tengah-tengah upayanya mengoptimalisasikan kekayaan sumber daya alam di daerahnya, khususnya terhadap potensi yang besar pada bidang pertambangan, seperti biji besi, mangan, batu bara dan emas, Pemerintah Kabupaten juga memikirkan cara yang tepat untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada itu untuk kepentingan rakyat dalam meningkatkan kesejahteraannya, dengan membuka pertambangan bagi rakyat.

Rencana pembukaan tambang rakyat tersebut, kata Bupati Adi Gunawan, sebagian akan dilakukan untuk komoditi tambang emas dan mangan, dengan melakukan sejumlah pengkajian terlebih dahulu terhadap dampak-dampak yang mungkin terjadi.

Sementara untuk sejumlah komoditi tambang lainnya, seperti biji besi dan batu bara, menurut Bupati Adi Gunawan, pihaknya saat ini sedang gencar pula melakukan penataan kembali terhadap tambang-tambang yang ada untuk dikelola sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sekaligus berwawasan lingkungan, termasuk kewajiban pihak penambang untuk melakukan reklamasi.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 17 Juni 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Juni 17, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Pertambangan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: