PENGIRIMAN TKI SUMBAR

Kasus yang menimpa Ruyati, Tenaga Kerja Indonesia – TKI di Arab Saudi tidak akan dialami TKI asal Sumatera Barat, karena Pemerintah Provinsi Sumatera Barat selama ini, hanya mengirimkan tenaga kerja dari sektor formal, dan TKI bersangkutan hanya dikirim ke Negara – Negara tertentu.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi – Disnakertrans Provinsi Sumatera Barat, Sofyan, SH, menyusul kekhawatiran yang ditimbulkan akibat sejumlah kasus pidana yang berujung hukuman pancung sejumlah TKI di Arab Saudi.

Menurut Sofyan, mengantisipasi kekerasan dan kasus – kasus pidana yang sebagian besar menimpa TKI dari sektor informal seperti, pembantu rumah tangga, jauh hari Pemerintah Provinsi telah mengambil kebijakan untuk tidak mengirimkan TKI dari sektor informal.

Disamping itu, kata Kepala Disnakertrans Provinsi Sumatera Barat, Sofyan, SH, pihaknya juga memprioritaskan pengiriman TKI sektor formal ke beberapa Negara yang memiliki sejumlah persamaan dengan Indonesia, diantaranya dalam hal budaya dan bahasa, seperti Malaysia.

Sehubungan dengan itu, meskipun Sumatera Barat hanya mengirimkan TKI dari sektor formal, namun soal perlindungan dan pengawasan yang dilakukan terhadap TKI di luar Negeri, menurut Sofyan, SH, tetap menjadi perhatian dan tanggung jawab pihaknya dan sejumlah pihak terkait lainnya yang telah ditugaskan pada masing – masing Negara.

Begitupula dengan pengawasan terhadap Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia – PJTKI yang ada di daerah ini, pihaknya tidak segan – segan menindak PJTKI nakal yang sengaja mengirimkan tenaga kerja dari sektor informal ke luar Negeri.

Dijelaskan, separuh dari 42 PJTKI di Sumatera Barat, terpaksa dicabut izin usahanya karena terbukti melanggar peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 23 Juni 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Juni 23, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Tenaga Kerja. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: