PASAR INPRES, II, III DAN IV TAK LAYAK HUNI

Setelah melakukukan uji kelayakan fungsi, Pasar Inpres II, III dan IV yang rusak berat akibat gempa 30 September 2009 lalu dinyatakan tidak layak huni lagi.

Uji kelayakan tersebut dilakukan selama sebulan sejak tanggal 11 Mei 2011 sampai 25 Juni lalu oleh Tim Forensik Engineering Politeknik Negeri Padang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pasar Kota Padang, Asnel, bersama Kepala DPKA Kota Padang Syahrul, Kepala Diskominfo Kota Padang Ali Basar, Kepala Dinas PU Kota Padang diwakili Asnul dan Kabid Humas Pemko Padang, Richardi Akbar.

Tim Forensik tersebut terdiri dari Elvi Rosa Syofyan, ST, MPSDA sebagai penanggungjawab, Syaiful Amri, SST, MT sebagai ketua, dan anggota masing- masing DR. Ir. Yurisman, MT, Ir. Ono Guspari, MT, Ir. Desmon Hamid, MT, Hendra Alexander, ST, MT, Mukhlis, ST, MT dan Era Alvansori, ST, MT.

Dengan ruang lingkup pemeriksaan struktur dan kelayakan fungsi Pasar Inpres II, III dan IV Kota Padang.

Metoda pemeriksaan dengan pengujian lapangan meliputi pengukuran konfigurasi bangunan, pemeriksaan ukuran dan jumlah besi tulangan terpasang, pengujian mutu beton, uji korosi dan uji PH limbah.

Selain itu, juga dengan pengujian laboratorium, permodelan struktur dan analisa kapasitas dan pemeriksaan kelayakan fungsi.

Kesimpulan lainnya antara lain, sistim drainase, pengelolaan limbah sampah pasar, Ventilasi udara, Transportasi dan sirkulasi lalu lalang pengunjung perlu ditata lagi serta diperlukannya area mitigasi untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi pengunjung pasar.

Kabid Humas Pemko Padang, Richardi, menginformasikan, ditegaskan oleh para Kepala SKPD tersebut pembongkaran kios- kios darurat di sepanjang Jalan Pasar Baru dari Arah Bioskop Raya theater dan di Jalan Pasar Raya dari arah Air Mancur sebanyak 899 kios darurat segera dilakukan.

Pembongkaran dihibahkan oleh Pemko Padang kepada Ikatan Pedagang Kecil Kaki Lima, dengan pengamanan tetap dari Pemko.

Sumber : Warta Berita Daerah Sore pukul 17.00 tanggal 29 Juni 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Juni 29, 2011, in Berita, Berita Daerah Sore, Ekonomi. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. pada hasil uji kelayakan, tidak satu kalimatpun yang menyatakan bahwa gedung Pasar Inpres II, III, dan IV rusak berat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: