PAMSIMAS PERCEPAT PENUHI KEBUTUHAN MASYARAKAT

Pengelolaan sarana air minum, sanitasi dan kesehatan (Pamsimas) harus dilaksanakan secara terpadu dan berkelanjutan, mengingat Pamsimas bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan melalui pencegahan penyakit yang ditularkan melalui air dan lingkungan, produktivitas dan kualitas hidup.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah, SP, saat membuka Rakor Fasilitator Masyarakat Berkelanjutan (FMK) Program Pamsimas Kota Padang di Palanta Rumah Dinas Walikota Padang, kemarin.

Dijelaskan, pembangunan dan pengelolaan air harus berdasarkan pendekatan partisipatif, menyertakan seluruh lapisan masyarakat yang menjadi acuan dalam upaya pemeliharaan dan keberlanjutan program Pamsimas.

Keberlanjutan pelayanan sarana air dan sanitasi di lingkungan masyarakat dipengarugi oleh aspek keberlanjutan teknis, keberlanjutan financial, keberlanjutan kelembagaan, keberlanjutan sosial, dan keberlanjutan lingkungan.

Ditambahkan, program Pamsimas sangat positif mengembalikan keberfungsian masyarakat dalam mengelola sarana yang telah mereka bangun bersama dengan semangat gotong royong.

Sementara peran fasilitator keberlanjutan untuk bisa menjembatani masyarakat dengan stakeholders terkait dalam membangun kemitraan, termasuk dengan Pemerintah Kota Padang.

Oleh sebab itu Fasilitator Masyarakat Berkelanjutan (FMK) harus benar-benar melaksanakan program tersebut dengan professional dan bisa menciptakan pemberdayaan masyarakat, agar tercipta masyarakat yang mandiri dengan ilmu dan pengetahuan yang cukup pada program Pamsimas.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 30 Juni 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Juni 30, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Kesehatan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: