KOMITMEN SUMATERA BARAT MEMBERANTAS NARKOTIKA

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan menindaklanjuti arahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Peringatan Hari Anti Narkorba Internasional (HANI) tahun 2011 secara baik.

Kebersamaan seluruh komponen daerah dalam memberantas penyalahgunaan Narkorba merupakan langkah dan kewajiban yang tidak bisa ditunda-tunda.

Setiap masyarakat harus ikut mengawasi pergerakan operasi narkorba di lingkungan masing-masing, dan jika menemukan, segera melaporkan kepada yang berwenang.

Sekretaris Daerah Propinsi Sumatera Barat, Ali Asmar, pada peringatan HANI tahun 2011 tingkat Provinsi Sumatera Barat di halaman Kantor Gubernur, kemarin mengatakan, masyarakat perlu mendukung upaya pemberantasan penyalahgunaan narkorba yang dilakukan jajaran Polda Sumbar dan sejumlah instansi terkait lainnya.

Pengawasan dan keseriusan terhadap pemberantasan Narkoba perlu terus ditingkatkan, karena perkembangan dan penyalahgunaan narkorba tidak bisa berhenti.

Oleh sebab itu, semua aparat dan masyarakat harus terus waspada dan berhati-hati, terutama dalam mengawasi anak – anak mereka.

Dalam membantu tugas-tugas BNP, pihaknya juga akan mengerahkan Organisasi Kepemudaan Karang Taruna untuk melakukan penyuluhan, sosialisasi, gerakkan bersama BNP dan BNK, di setiap Kabupaten Kota di daerah ini.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Pj Dir Narkorba Polda Sumatera Barat, AKBP. Alidison mengatakan, berdasarkan data pihaknya, terjadi penurunan jumlah kasus narkorba setiap tahunnya, yakni pada tahun 2009 tercatat 335 kasus, turun di tahun 2010 menjadi 231 kasus, dan di tahun 2011 ini baru 149 kasus.

Kendati demikian, pihaknya beberapa waktu lalu juga berhasil menemukan beberapa lahan tanaman ganja seluas 2 Hektar di Solok Selatan, dan 0 koma 25 Hektar di Painan.

Dalam penjaringan di lapangan pihaknya juga telah menangkap dan menyita ganja lebih dari 49 kilogram yang didapat dari beberapa titik lokasi pengawasan.

Disamping menetapkan 7 titik pengawasan pada sejumlah daerah di Sumatera Barat, juga tidak menutup kemungkinan bagi pihaknya untuk menjelajahi semua lokasi, berdasarkan laporan dari masyarakat.

Sehubungan dengan itu, kata AKBP. Alidison, visi Ketua BNP Sumbar, yang menargetkan Zero Narkorba di Sumatera Barat pada tahun 2015 mendatang, perlu didukung.

Pada peringatan HANI tahun 2011 ini, juga dilakukan pemusnahan ganja 55 kilogram, sabu-sabu 17 koma 5 gram dan miras 10 kardus.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 7 Juli 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Juli 7, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Narkoba, Penegakan Hukum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: