PENGELOLAAN IRIGASI

Selama tiga tahun terakhir ini, telah terjadi alih fungsi lahan sawah ber-irigasi ke lahan perkebunan seluas 618 hektar, yaitu di Kabupaten Pasaman Barat seluas 468 Hektar dan Kabupaten Dharmasraya seluas 150 Hektar.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakili Muslim Kasim dalam nota jawaban terhadap pemandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD Propinsi Sumatera Barat mengenai empat Rancangan peraturan daerah propinsi Sumatera Barat beberapa waktu yang lalu di gedung DPRD Sumbar.

Empat Ranperda tersebut yaitu Perubahan atas peraturan daerah Propinsi Sumatera Barat nomor 2 tahun 2008 tentang pembentukan Organisasi dan tata kerja kesekretariatan daerah dan sekretariat DPRD Propinsi Sumatera Barat.

Perubahan atas peraturan daerah Propinsi Sumatera Barat nomor 4 tahun 2008 tentang pembentukan organisasi dan tata kerja Dinas Daerah Propinsi Sumatera Barat, pendirian perseroan terbatas, penjamin kredit dan Ranperda pengelolaan Irigasi.

Menurut Gubernur, dengan adanya Rancangan Peraturan daerah, dapat menjawab terhadap ketersedian air, meminimalisasi ketersediaan air irigasi karena luas areal yang ada telah diperhitungkan debit air yang disuplai untuk kebutuhan pada daerah irigasi dan dalam pengelolaan sumber daya air sudah diatur dalam tata pengaturan air.

Sehingga Produksi pertanian lebih menjanjikan, otomatis petani akan memilih usaha pertanian, maka tidak akan terjadi perubahan alih fungsi lahan.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 05.30 tanggal 8 Juli 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Juli 8, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Legislatif, Pemerintahan. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. mantab artikelnya… salam kenal http://budiharso.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: