MASIH MEMERLUKAN PEMBINAAN

Wakil Gubernur Sumatera Barat, MUSLIM KASIM, mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik, kategori lapangan usaha di Sumatera Barat terdapat jumlah usaha mikro kecil dan menengah tercatat sebanyak 501 ribu 410 usaha dan jumlah koperasi sebanyak 3 ribu 603 pada tahun 2011.

Dari jumlah tersebut, usaha kecil dan menengah yang aktif sebanyak 2 ribu 349 dan yang tidak aktif sebanyak seribu 254, sedangkan yang melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebanyak 988 koperasi.

Menurut MUSLIM KASIM, bila dibandingkan dengan jumlah koperasi yang ada masih perlu untuk dilakukan pembinaan yang intensif untuk mendukung perekonomian masyarakat.

Dijelaskan, kendala yang dihadapi oleh pengelola usaha mikro, kecil dan menangah serta koperasi di Sumatera barat masih minimnya penyuluhan dan konsultan koperasi yang memerlukan kompetensi kelembagaan, manajemen koperasi, analisa potensi dan pengembangan usaha koperasi.

Selain itu, pembinaan pemasaran produk anggota koperasi yang memerlukan kompetensi ilmu pemasaran, pembinaan usaha simpan pinjam koperasi pola konvensional dan pola syariah yang memerlukan kompetensi perkreditan akuntansi dan sistim syariah.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 9 Juli 2011

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Juli 9, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Ekonomi, Koperasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: