MEMEBANGUN KEMBALI PASCA GEMPA 2009

Selama kurun waktu 2009 hingga semester pertama tahun ini, penanganan pasca bencana gempa bumi oleh Pemerintah pusat dan Provinsi Sumatera Barat telah cukup banyak dilakukan.

Gubernur Sumatera Barat, IRWAN PRAYITNO, mengatakan, berbagai hal yang telah dilakukan Pemerintah pasca gempa bumi 30 September 2009 hingga sekarang, selain menyalurkan bantuan rehab rekon terhadap 141 ribu 548 unit rumah rusak, juga melakukan perbaikan sektor infrastruktur, rehabilitasi jalan dan jembatan, serta perbaikan dan pengadaan pipa air minum irigasi, dan penyusunan desain bangunan gedung Pemerintah dan sekolah.

Selain itu, Pemerintah juga telah melakukan perbaikan di sektor sosial, seperti peningkatan kesehatan masyarakat, perbaikan gizi, pencegahan dan pemberantasan penyakit, sedangkan perbaikan di bidang ekonomi meliputi kegiatan kegiatan subsektor Koperasi, indurtri rumahan, UMKM, Pertanian tanaman Pangan, kelautan dan perikanan dan peternakan.

Menurut Gubernur IRWAN PRAYITNO, kegiatan perbaikan rehap rekon baik sektor perumahan rakyat, infrastruktur jalan dan jembatan serta fasilitas umum dan sektor ekonomi sosial, telah menyerap anggaran BNPB melalui dana DIPA BNPB senilai 2 koma 6 Trilyun Rupiah .

Sementara, untuk pelaksanaan kegiatan rehab rekon tahap tiga, BNPB beberapa waktu lalu telah menyerahkan 300 milyar rupiah kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat berupa bantuan sosial berpola hibah kegiatan rehabilitasi perumahan pasca bencana gempa bumi 30 September 2009 yang diperuntukkan bagi Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam dan Kabupaten Pasaman Barat.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 11 Juli 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Juli 11, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Pembangunan Daerah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: