270 JEMAAH UMROH YANG TERTIPU, DIUPAYAKAN TETAP BERANGKAT

Di saat pemberangkatan jemaah umrah sedang booming di Indonesia, tiba-tiba masyarakat Sumatera Barat dikejutkan oleh dugaan penipuan oleh biro perjalanan terhadap 270 orang jamaah di Padang yang gagal diberangkatkan ke tanah suci Makkah.

Kuasa Hukum 270 calon jemaah umroh di Padang yang batal berangkat ke Tanah Suci beberapa waktu lalu, Kapitra Ampera masih terus mengupayakan pemberangkatan calon jemaah tersebut, sembari menunggu proses hukum yang dilakukan Polda Sumatera Barat. Upaya juga dilakukan dengan meminta peran dan bantuan Pemerintah Provinsi, baik melalui Gubernur maupun DPRD, untuk tetap memberangkatkan 270 calon jemaah umroh dimaksud.

Sejalan dengan itu, menurut Kuasa Hukum Kapitra Ampera, Direktorat Reserse dan Kriminal – Ditreskrim Polda Sumatera Barat juga telah meminta keterangan dari sejumlah korban kasus dimaksud.

Kendati demikian, kata Kapitra Ampera, pihaknya telah merencanakan berbagai pertemuan kembali dengan Gubernur maupun DPRD untuk mencari jalan agar calon jemaah umroh tersebut tetap dapat diberangkatkan dalam waktu dekat.

Ke 270 jemaah yang hendak menunaikan ibadah umroh ke tanah suci Mekkah melalui Biro Perjalan Alharam di Padang, terpaksa batal diberangkatkan karena visa dari Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta belum keluar.

Pada awalnya jemaah akan diberangkatkan dengan maskapai penerbangan Lion Air Boieng 747 tanggal 24 April 2011 lalu, langsung dari Bandara Internasional Minangkabau – BIM menuju King Abdul Azis Jeddah – Madinah.

Namun hingga saat ini jemaah tersebut, masih belum diberangkatkan, padahal calon jemaah umroh tersebut, masing – masing telah menyetor biaya keberangkatan, uang tunai sebesar 15 juta rupiah lebih. Kasus yang melibatkan pelaku dugaan penipuan PT. Alharam Padang terhadap jamaah calon umrah tersebut, juga pernah dilakukan perusahaan yang sama pada tahun 2007.

Dalam kasus tersebut, pimpinan PT.Alharam ditangkap Polisi dan terpaksa mengembalikan uang jamaah yang telah dikumpulkan untuk pemberangkatan.

Sumber : Warta Berita Derah Pagi pukul 06.30 tanggal 19 Juli 2011

Iklan

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Juli 19, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Penegakan Hukum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: