PENANAMAN POHON MANGROVE

Pemerintah Kota Pariaman melalui dinas Kelautan dan Perikanan Pariaman melakukan penanaman 8 ribu pohon bakau atau mangrove di sepanjang pantai Manggung, Kota Pariaman, kemarin.

Walikota Pariaman yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Pariaman, ARMEN,MM mengatakan, Kota Pariaman saat ini telah memiliki kawasan hutan mangrove seluas 18 hektar.

Dijelaskan, hutan mangrove merupakan komunitas vegetasi di kawasan pantai tropis, yang didominasi oleh beberapa jenis pohon bakau yang mampu tumbuh dan berkembang pada daerah yang mengalami pasang surut.

Menurutnya, mangrove mempunyai peranan ekologis, ekonomis, dan sosial yang sangat penting dalam mendukung pembangunan wilayah pesisir.

Penanaman hutan mangrove bertujuan untuk menjaga kestabilan garis pantai dari abrasi dan erosi serta menjaga kelestarian ekosistem pantai.

Selain itu, hutan mangrove juga berfungsi untuk menahan laju tiupan angin kencang dan dapat mensterilkan air laut yang asin menjadi air tawar.

Oleh sebab itu, pihaknya mengajak seluruh masyarakat Kota Pariaman untuk selalu menjaga kelestarian ekosistem pantai dan terumbu karang.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 19 Juli 2011

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Juli 19, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Kelautan, Lingkungan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: