TRADISI BALIMAU SUDAH CEMARI PERILAKU GENERASI MUDA

Anggota Komisi IV DPRD Propinsi Sumatera Barat, SYUKRIADI SYUKUR, menghimbau masyarakat Sumatera Barat terutama generasi muda agar tradisi “balimau” dikembalikan ke arah semestinya yaitu membersihkan diri secara zahir maupun batin dengan niat yang baik dan ikhlas ingin melaksanakan seluruh rangkaian ibadah pada bulan Ramadhan dengan baik.

Hal tersebut disampaikan mengingat tradisi “balimau” sekarang sudah melenceng dari apa yang dilakukan oleh para leluhur di zaman dahulu, untuk itu, dihimbau kepada orang tua, dan tokoh masyarakat serta Satpol PP yang bertugas, untuk menjaga ketertiban di tengah-tengah masyarakat untuk berperan aktif dalam mencegah hal-hal yang menjurus pada perbuatan maksiat terutama pada tempat-tempat pemandian yang digunakan untuk “balimau”.

Menurut SYUKRIADI SYUKUR, jika berpuasa sudah diawali dengan hal-hal yang mendekatkan diri kepada hal yang berbau maksiat, seperti mandi ditempat umum dengan pasangan wanitanya, memakai pakaian minim, membuka aurat, ini sudah melanggar etika dan ketentuan agama, padahal agama mewajibkan kita untuk menutup aurat sesuai dengan ajaran agama Islam.

Lebih jauh, SYUKRIADI SYUKUR, mengatakan, saat ini Sumatera Barat sudah mempunyai Perda anti maksiat, dengan Perda tersebut Satpol PP dapat bekerja maksimal dalam menanggulangi penyakit masyarakat terutama generasi muda yang melakukan kegiatan mandi “balimau” di tempat terbuka dan menjurus perbuatan maksiat.

Sehingga tradisi “balimau” yang sudah melenceng dari tradisi murniya tersebut, dikembalikan ke arah yang benar, sesuai dengan adat yang berlaku di ranah minang, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, yang tidak bertentangan dengan ajaran agama.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 2 Agustus 2011

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Agustus 2, 2011, in Agama, Berita, Berita Daerah Pagi, Kepemudaan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: