SOLOK SELATAN KEMBANGKAN ARUNG JERAM

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, membutuhkan dana lebih kurang 3 milyar Rupiah, untuk mengembangkan olahraga air deras seperti kayak dan arung jeram.

Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok Selatan, ERNITA JUMARNI, mengatakan, dana tersebut dibutuhkan untuk pembangunan dermaga, kamar ganti, areal parkir, penyediaan kano serta pembenahan rute dan promosi olahraga dimaksud.

Dijelaskan, berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan oleh atlit kayak internasional asal Afrika Selatan bersama komunitas kayak Tirtaseta pada sejumlah sungai di daerah tersebut, diantaranya Sungai Batang Bangko, Sungai Batang Liki, Sungai Lambai, Sungai Blangir dan Sungai Batang Sangir, menyebutkan bahwa pada lokasi dimaksud dapat dijadikan sasana olahraga arus deras bagi pemula hingga profesional, dikarenakan lokasi tersebut memiliki kecuraman yang bervariasi dari yang sedang hingga ekstrim.

Selain pengembangan Pariwisata, dengan olahraga arung jeram itu, akan mampu memperbaiki ekonomi masyarakat sekitar aliran sungai, dari penjualan pernak-pernik serta makanan khas Solok Selatan.

Lebih lanjut, ERNITA JUMARNI, mengatakan, walau tidak dianggarkan dalam APBD, namun pihaknya mengharapkan adanya peran serta dari masyarakat bersama pihak-pihak terkait lainnya agar rencana pengembangan olahraga arung jeram itu dapa terlaksana.

Sumber : Warta Berita Olahraga pukul 12.00 tanggal 3 Agustus 2011

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Agustus 3, 2011, in Arung Jeram, Berita, Berita Olahraga, Dayung, Olahraga. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: