105 ORANG NAPI MENDAPAT REMISI

Dari 213 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Muaro Sijunjung, 105 menerima remisi (pengurangan hukuman) dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, lima diantaranya langsung bebas.

Surat Keputusan (SK) remisi yang dikeluarkan Menteri Hukum dan HAM, secara simbolis akan diserahkan Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin sebelum upacara peringatan detik-detik Proklamasi, besok di Lapas tersebut.

Kepala Lapas Muaro Sijunjung, RIDHARMAN, mengatakan, ke-105 warga binaan itu, menerima remisi antara satu sampai enam bulan.

Sebagaimana dirilis oleh Humas Pemkab Sijunjung dalam siaran persnya hari ini, RIDHARMAN menyebutkan, secara keseluruhan, warga binaan Lapas Muaro Sijunjung berjumlah 213 orang, sementara kapasitas Lapas hanya untuk 150 narapidana.

Dari jumlah yang sudah melebihi kapasitas itu, sebagian besar berasal dari luar Kabupaten Sijunjung, terlebih yang terlibat kasus pencurian dengan kekerasan dan perampokan.

Sedangkan kasus terbanyak yang menyebabkan membengkaknya penghuni Lapas, adalah narkoba, penambangan biji emas tanpa izin (Peti) dan pencurian.

Napi yang terkait kasus penyalahgunaan narkotika berjumlah 49 orang, Peti 47 orang, dan pencurian 42 orang.

Selain yang diterima pada 17 Agustus 2011, untuk hari raya Idul Fitri 1432 H mendatang, juga telah diajukan remisi umum untuk 103 Napi Lapas Muaro Sijunjung, lima dari 103 orang itu langsung bebas.

Namun SK remisi yang diusulkan itu belum diterima oleh pihak Lapas Muaro Sijunjung.

Sumber : Warta Berita Daerah Sore pukul 17.00 tanggal 16 Agustus 2011

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Agustus 16, 2011, in Berita, Berita Daerah Sore, Penegakan Hukum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: