PENYELESAIAN HUKUM DI INDONESIA

Penyelesaian persoalan hukum di Indonesia harus dilaksanakan sesuai prosedur hukum yang ditetapkan.

Hal tersebut diungkapkan mantan Wakil Presiden Republik Indonesia , JUSUF KALLA saat peluncuran 12 buku dan orasi ilmiah di Universitas Andalas kemarin.

Dikatakan, tidak sedikit permasalahan hukum yang menuntut penyelesaian secara tuntas, baik itu untuk kasus narkoba, teroris dan korupsi yang makin merajalela belakangan ini.

Kesemuanya itu, pada prinsipnya harus diselesaikan sesuai jalur dan koridor hukum yang diberlakukan.

Namun amat disayangkan pada beberapa kasus menonjol seperti halnya korupsi, penyelesaiannya terkesan lamban, bahkan Undang-Undang yang diberlakukan cenderung membuka rumusan kasus korupsi di Indonesia semakin meluas.

Untuk penegakan supremasi hukum di Indonesia, diperlukan komitmen para penegak hukum yang mengacu pemberlakuan Undang-undang dimaksud.

Tidak bisa dengan cara-cara pembubaran saja, karena jika cara seperti itu diterapkan, otomatis kata JUSUF KALLA akan banyak lembaga dan institusi pemerintahan di Indonesia yang harus dibubarkan.

Seperti halnya permasalahan panggar di dewan perwakilan rakyat. Menurutnya, panggar terdiri dari kumpulan komisi-komisi.

Terjadinya permasalahan hukum kerap dipicu oleh permintaan yang melebihi suplay, sehingga untuk pemenuhan kebutuhan, bermainlah komisi-komisi dimaksud.

Dikatakan, semakin besar ketergantungan daerah ke pusat, maka ruang untuk bermain akan semakin besar. Hal itu disebabkan tingkat persaingan yang semakin tajam dan tidak tertutup kemungkinan adanya permainan untuk mendapat sesuatu untuk mencukupi kekurangan yang ada.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 7 September 2011

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on September 7, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Penegakan Hukum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: