MARAKNYA MAKSIAT DI RANAH MINANG

Maraknya terjadi perbuatan maksiat seperti munculnya suguhan Tari Striptease atau telanjang, video porno, aborsi, bisnis maksiat berkedok salon dan bentuk-bentuk maksiat lainnya di daerah Sumatera Barat karena kurangnya pendekatan kultural dan struktural terhadap generasi muda.

Menurut Wakil Ketua DPRD Propinsi Sumatera Barat, TRINDA FARHAN SATRIA kepada RRI di ruang kerjanya mengatakan, pendekatan struktural yaitu kebijakan, sedangkan pendekatan kultural melibatkan banyak pihak di dalamnya seperti peran ninik-mamak, alim ulama, peranan keluarga dan peranan masyarakat.

Sementara jika hanya melakukan pendekatan struktural, kebijakan-kebijakan itu bisa jalan tetapi sangat lambat.

Kebijakan tersebut merupakan akselarasi perubahan, tetapi kalau hanya kebijakan tanpa didukung oleh berbagai komponen masyarakat, akan menjadi mandul dan tidak bermanfaat.

Lebih jauh Trinda Farhan Satria menjelaskan, penyebab lain terjadinya perbuatan asusila di daerah ini karena pendidikan yang diajarkan selama ini hanya menekankan pendidikan formal dan hasil yang di capaipun formal sebab hanya menginginkan nilai tinggi meskipun dengan berbagai cara.

Untuk itu, diminta pemerintah pusat membuat sebuah kebijakan, yang konsep kebijakan tersebut diterapkan ke daerah-daerah sehingga implementasinya tidak berbenturan seperti gagasan pendidikan berkarakter.

Jika pendidikan berkarakter tersebut di maksimalkan dan diseriuskan dalam rangka mendekatkan dan mengkombinasikan bidang formal dan informal, hal tersebut akan dapat menjadi solusi.

Penyebab lainnya yakni salah kaprah mempergunakan teknologi informasi internet, video dan Telepon Seluler, padahal dari media tersebut banyak manfaat yang bisa diambil, bukan yang bersifat negatif.

Sumber : Warta Berita Daerah Pagi pukul 06.30 tanggal 11 Oktober 2011

About prosaturripadang

Radio Publik Milik Bangsa - Sekali Di Udara Tetap Di Udara

Posted on Oktober 11, 2011, in Berita, Berita Daerah Pagi, Sosial Masyarakat. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: